Kamis, 21 Mei 2009

BELAJAR DARI TIM ANGSA

Sebenernya gw dapet ne dari sebuah renungan yang gw baca...
tapi mnurut gw bagus untuk kita sendiri, gw sempet kagum sama ne angsa2....
smoga bisa jadi berkat untuk kita semua =)
judulnya...

"BELAJAR DARI TIM ANGSA"


Menjelang musim dingin, angsa-angsa terbang ke arah selatan untuk mencari tempat yang lebih hangat dan nyaman. Seringkali mereka harus menempuh jarak ribuan mil. Untuk bisa melakukan hal itu, mereka terbang bersama-sama dalam kelompok dan memiliki tata cara terbang yang bisa memberi kita pelajaran berharga.

1. Angsa terbang dalam formasi huruf V. Dengan cara ini, kepakan sayap setiap angsa membuat angsa di belakangnya terbang lebih ringa. Sebuah kelompok angsa yang terbang bersama memiliki kekuatan 72% lebih besar daripada mereka masing-masing terbang sendirian. kerjasama bukan hanya bekerja bersama-sama, namun seharusnya mampu bersinergi untuk menciptakan daya yang lebih besar. Satu orang mengalahkan seribu, dua orang mengalahkan sepuluh ribu.

2. Angsa yang paling depan bertugas menjadi pemimpin kelompok. Dan ketika si pemimpin lelah, angsa lain akan berukar posisi dengannya. Tidak ada Superman dalam tim. Setian orang butuh orang lain untuk saling mensupport. Tim yang baik akan saling melengkapi dalam kekurangan dan kelebihan masing-masing anggotanya

3. Jika ada salah satu angsa yang sakit, terluka atau tertembak, maka dua ekor angsa lainnya akan meninggalkan formasi untuk mengikutinya, melindungi, dan merawatnya sampai ia sembuh atau sampai mati.Kemudian mereka akan bergabung dengan formasi angsa lainnya dan terbang kembali. Senasib sepenanggungan itulah jiwa teamwork sejati. Jika satu terluka maka yang lain harus peduli.

4. Kelompok angsa terbang sambil mengeluarkan suara mirip terompet untuk memberi semangat angsa di depannya agar tetap melaju. Kerja kelompok membutuhkan kata-kata penyemangat satu sama lainnya daripada kritikan yang saling menjatuhkan dan dapat menghancurkan kekuatan seluruh kelompok. Kiranya kerjasama tim angsa ini bisa memberi inspirasi bagi kelompok anda.

TEAM - Together Each Achieved More!

*diambil dari: Spirit Motivator 18 Mei 2009*

Tidak ada komentar: